Terbaru dan Terpanas

Kumpulan Informasi Terbaru dan Terpanas

Monday, February 8, 2016

5 Manfaat Aerobik Bagi Kesehatan

Kenal aerobik kan? Senam yang satu ini banyak dipilih karena cukup menyenangkan dan juga diakui sangat bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular. Tak sekedar itu, aerobik ternyata juga menyimpan manfaat lain untuk mencegah beberapa penyakit tertentu. Penasaran, kan? Melansir dari thehealthsite, berikut ini merupakan manfaat tersembunyi dari aerobik bagi kesehatan.
5 Manfaat Aerobik Bagi Kesehatan
1. Memperlambat perkembangan parkinson

Eric Ahlskog, seorang neurologist menemukan bahwa latihan aerobik berkelanjutan dapat memperlambat perkembangan penyakit parkinson, termasuk demensia. Ini karena aerobik dapat meningkatkan faktor-faktor yang membantu menjaga koneksi otak. Selain itu, aerobik juga dapat mencegah penyusutan otak yang disebabkan oleh penyakit-penyakit neurodegenerative.

2. Menguatkan Ingatan

Para peneliti dari Michigan State University menemukan hubungan antara latihan aerobik dan fungsi memori pada orang dewasa (terutama yang berusia muda). Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan tingkat kebugaran badan yang rendah sulit mengingat informasi sekaligus memiliki ingatan jangka panjang yang buruk.

3. Membantu Mengendalikan Asma

Orang-orang yang diteror oleh asma dapat mengambil keuntungan dengan melakukan latihan aerobik panjang selama 60 menit. Para peneliti dari American College of Chest Physicians menemukan bahwa latihan aerobik selama 12 minggu bagi penderita asma dapat meningkatkan kontrol asma sekaligus mengurangi gejala depresi.

4. Memerangi Alzheimer

Latihan aerobik yang dilakukan dalam jangka panjang juga dapat membantu melawan penyakit neurodegenerative, termasuk alzheimer. Bentuk latihan yang dilakukan aerobik dapat membantu pasien alzheimer meringankan beberapa gejala yang mengganggu. Beberapa gejala tersebut seperti kehilangan memori jangka panjang, perubahan suasana hati, disorientasi, dan juga masalah perilaku.

5. Mendukung Kecerdasan Otak

Para peneliti dari Selandia Baru menemukan bahwa orang-orang yang secara teratur melakukan latihan aerobik memberikan nilai yang lebih baik dalam tes mental. Ini dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan latihan aerobik. Latihan aerobik dapat meningkatkan beberapa fungsi kognitif yang meliputi multitasking dan konsentrasi termasuk perhatian (di luar ingatan).

Sumber : Merdeka

5 Manfaat Aerobik Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita

0 comments:

Post a Comment